BAB I
PENDAHULUAN
Oleh: Arif Budiman
I.1 Latar Belakang
Perkembangan zaman dan teknologi,
penggunaan internet di Indonesia dan dunia pada umumnya terus bertambah, bahkan
sudah menjadi sebuah gaya hidup bagi sebagian penduduk dunia. Hal ini tentu
memberikan dampak bagi pola hidup manusia, termasuk di antaranya pola interaksi
jual-beli, yang sudah barang tentu memberikan banyak peluang bagi generasi muda
untuk terjun dalam usaha jual-beli melalui Internet (Online Trading) atau yang
biasa disebut Online Shop (OS).
Seiring dengan terus bertambahnya
pengguna layanan internet, semakin murah dan mudah untuk mendapatkan layanan
internet, serta didukung oleh peningkatan produktifitasHome Industry yang
menyediakan berbagai produk untuk dipasarkan, usaha Jual-Beli melalui Internet ini
tentu sangat menjanjikan.
Online Shop terhitung mudah untuk
dijalankan, karena tidak memerlukan modal yang besar. Cukup dengan adanya foto
produk dan akses internet untuk memasarkannya, usaha ini sudah dapat berjalan.
Dilain sisi OS mempunyai beberapa kelebihan seperti mudah dan murah untuk
diakses, karena customer cukup untuk melihat contoh barang melalui internet,
tanpa harus datang ke toko seperti jual beli pada umumnya. Oleh karena itu
tidak heran jika Online Shop sangat cepat berkembang.
I.2 Rumusan Masalah
Dari latar belakang yang kami sampaikan
di atas maka dapat kami ambil beberapa rumusan masalah dalam makalah ini :
1. Apa itu Smart Shop / Online Shop?
2. Apa saja dampak positif dan negatif
dari Smart Shop /Online Shop?
3. Apa sajakah pengaruh yang diberikan
oleh Smart Shop/Online Shop terhadap pekerjaan?
4. Adakah
pengaruh SmartShop/Online Shop terhadap kesehatan? Jika ada, sebutkan apa saja
pengaruhnya itu?
5. Adakah pengaruh terhadap kesehatan
jiwa karna kehilangan kontak sosial?
I.3 Tujuan
Adapun tujuan dari pembuatan makalah ini
adalah :
1. Untuk memberikan informasi mengenai
apa itu Smart Shop/Online Shop
2. Untuk
mengetahui apa sajakah dampak dari Smart Shop/Online Shop baik dari sisi
positif maupun negatif
3. Untuk
memberikan pengetahuan tentang pengaruh Smart Shop/Online Shop terhadap
kesehatan dan pengaruhnya terhadap hubungan dalam kehidupan sosial
4. Untuk memenuhi tugas mata kuliah
Dampak Sosial Perkembangan Komputer
BAB II
PEMBAHASAN MASALAH
II.1 Pengertian Smart
Shop/Online Shop
Online shopping atau belanja online via
internet, adalah suatu proses pembelian barang atau jasa dari mereka yang
menjual melalui internet yang mengusung motto Smart and Friendly. Sejak
kehadiran internet, para pedagang telah berusaha membuat toko online dan
menjual produk kepada mereka yang sering menjelajahi dunia maya (internet).
Para pelanggan dapat mengunjungi toko online (online store) dengan mudah dan
nyaman, mereka dapat melakukan transaksi di rumah, sambil duduk di kursi mereka
yang nyaman di depan computer. Bisnis online adalah juga sama seperti kegiatan
bisnis yang kita kenal sehari-hari. Bedanya dalam bisnis online ini adalah
segala kegiatan bisnis dilakukan secara online dengan menggunakan media
internet. Bila saat ini teman-teman memiliki sesuatu yang dapat dibisniskan
dalam kehidupan sehari-hari, maka kemungkinan besar teman-teman dapat juga
membuka bisnis tersebut di dunia maya. Misalnya teman-teman memiliki usaha
kerajinan tangan dan selama ini kerajinan tersebut dipajang di outlet
teman-teman di pinggir jalan, maka kemungkinan besar teman-teman dapat
mengembangkan usaha tersebut dengan membuka toko kerajinan tangan di dunia
maya. Bila demikian, maka teman sudah menjalankan yang namanya “bisnis online”.
Pada dasarnya konsumen mereka dapat membeli barang apa saja dari toko online.
Berbagai produk tersedia, mulai dari buku, pakaian, alat rumah tangga, mainan,
perkakas, makanan, software dan bahkan asuransi. Itu pun hanya merupakan
sebagian kecil dari ribuan produk yang dapat dibeli oleh konsumen melalui
internet.
II.2 Dampak dari Smart
Shop/Online Shop
Online Shop memang jadi satu alternatif
yang memudahkan kita melakukan transaksi jual beli. kecanggihan teknologi ini
sudah merambah ke sebagian aspek kehidupan manusia. disamping praktis,
penjualan secara ONLINE memiliki jangkauan yang luas serta dapat menarik banyak
minat pembeli, mudah dan dapat di lakukan di manapun kapanpun. Pemanfaatan
jejaring sosial untuk kegiatan berjualan (menghasilkan uang) dirasa positif tentunya
bagi para pelaku bisnis online shop ini selain itu dampak positif lainnya dari
usaha online shop ini adalah :
1. Belanja
lebih praktis, tidak perlu menghabiskan tenaga ke toko lengkap dengan macet dan
panas. Kita bisa lebih mengehmat waktu dan tenaga kita.
2. Harga
barang-barang yang dijual di Online Shop biasanya lebih murah dibandingkan
dengan barang-barang yang dijual di toko-toko. Hal ini dikarenakan toko online
tidak membutuhkan biaya sewa toko.
3. Kita dapat membandingkan harga dengan mudah
dari satu online shop ke online shop lain dan melihat banyak barang selain
barang yang kita tuju. Tidak seperti bila kita pergi toko biasa. Kita harus
berjalan dari satu toko ke toko lain untuk membandingkan harga agar mendapatkan
harga yang pas untuk kita. Dan hal ini sangat menguras waktu dan tenaga.
4. Cakupan
belanja melalui Online Shop ini lebih luas, bahkan kita bisa membeli barang
dari luar kota maupun luar negeri. Jika kita belanja di toko biasa, cakupan
belanja kita hanya sebatas daerah perbelanjaan tersebut.
Selain dampak positif, ternyata Online
Shop juga memiliki dampak negatif di antaranya adalah :
1. Dapat mudah terjadi kesalahan pengiriman
barang yang dapat memperlama kita dalam memperoleh barang tersebut yang bisa
disebabkan dari kualitas barang yang diinginkan kadang-kadang berbeda
kualitasnya dengan yang tercantum di website. Sehingga pihak toko akan
melakukan pengiriman ulang.
2. Rentan
aksi penipuan dimana banyak kasus ketika pembeli telah mengirim sejumlah uang
yang disepakati, barang yang dibeli tidak dikirim
3.
Rentan rusak atau pecah karena media pengiriman adalah pos
4. Rentan
aksi pemboboloan rekening karena pembayaran dilakukan melalui Internet
5. Marak
aksi spamming karena setelah pembeli melakukan registrasi, penjual cenderung selalu
mengirimkan katalog online melalui email pembeli dan hal ini cukup mengganggu
privacy
6. Bahaya
konsumerisme dan pemborosan. Biasakan hanya membeli barang yang dibutuhkan,
sehingga tidak terlalu boros.
7. Beberapa online shop menaikkan harga, karena
itu sebagai pembeli sebaiknya survey dulu harga di beberapa online shop
lainnya.
8. Dapat
membuat kita malas bergerak ke toko. Kadang-kadang belanja ke toko (offline)
juga penting, jangan terpaku pada belanja online saja. Ada beberapa barang yang
lebih baik dibeli di toko biasa, seperti sepatu dan beberapa jenis pakaian.
9.
Menyebabkan konsumen berpikir praktis
II.3 Pengaruh Smart
Shop/Online Shop Dalam Pekerjaan
Smart Shop/ Online Shop ini merupakan
suatu usaha yang sangat menarik dan menguntungkan. Tidak heran banyak
orang-orang yang menggeluti bisnis ini, baik yang memang belum memiliki
pekerjaan maupun orang-orang yang telah memiliki pekerjaan tetap. Karena usaha
ini tidak terlalu membutuhkan banyak waktu dan tenaga jadi siapa saja bisa
membangun usaha ini. Maka hal tersebut sangat berpengaruh pada sisi pekerjaan.
Yaitu dengan adanya usaha ini dapat mengurangi angka pengangguran di Indonesia.
Dan terhadap konsumennya yang salah satunya pekerja yang menghabiskan sebagian
besar waktunya di tempat kerja mereka
dapat memenuhi kebutuhannya dengan hanya membuka situs-situs Online Shop dari
ruang kerja mereka tanpa harus menyita tenaga dan waktu kerjanya hanya untuk
berbelanja.
II.4 Pengaruh Smart
Shop/Online Shop pada Kesehatan Fisik
Kecanggihan teknologi dan semakin
maraknya penggunaan internet membuat banyak orang lebih banyak melakukan
kegiatan pasif. Untuk urusan belanja, sebagain besar orang kini juga lebih
tertarik melakukan kegiatan belanja secara online. Akibatnya, aktivitas fisik
yang bisa menunjang pembakaran lemak menjadi berkurang.
Hal ini, memicu terjadinya efek buruk
untuk kesehatan tubuh. Kebanyakan dari masyarakat modern, kini lebih memilih
melakukan belanja melalui cara online, ketimbang bersusah payah berjalan dan
mengantre di kasir. Mereka menganggap, belanja online lebih praktis dan lebih
efisien.
Melakukan perjalanan belanja sebetulnya
berkontribusi menyehatkan tubuh. Apalagi, jika dilakukan sambil berjalan kaki.
Namun ironisnya, satu dari 10 orang lebih memilih berbelanja online melalui
internet. Mereka mengaku tak sabar jika harus mengantre lama hanya untuk
membayar barang-barang yang telah dibeli. Hal tersebut membuat kita jadi malas
bergerak dan dampaknya pada tubuh kita yaitu tubuh menjadi tidak sehat karena pada
saat melakukan perbelanjaan ini posisi tubuh kita akan terpaku pada satu posisi
saja hal ini tentu saja tidak baik karena tubuh kita akan kaku karena kurang
bergerak. Selain itu lama-lama berhadapan dengan komputer dapat berdampak pada
kesehatan mata kita.
II.5 Pengaruh Smart
Shop/Online Shop pada Kesehatan Jiwa Karena Kehilangan Kontak Sosial
Seiring dengan terjadinya perubahan
perekonomian dan globalisasi, terjadi perubahan dalam prilaku membeli pada
masyarakat, dimana terkadang seseorang membeli sesuatu bukan didasarkan pada
kebutuhan sebenarnya. Prilaku membeli yang tidak sesuai dengan kebutuhan
dilakukan semata-mata demi kesenangan, sehingga menyebabkan seseorang menjadi
boros yang dikenal dengan istilah prilaku konsumtif. Kebiasaan seseorang yang
menekuni berbelanja online dapat berdampak pada interaksi sosialnya.
Orang-orang tersebut cenderung menjadi orang yang egois, sombong, dan acuh tak
acuh terhadap lingkungan sekitar karena interaksi sosial mereka yang terbatas
hanya pada suatu tempat yang ditemani hanya dengan gadget dan internet.
Berbelanja di toko (offline) mendapatkan keuntungan tersendiri dalam segi
interaksi sosial yaitu dapat saling berkomunikasi langsung berbicara antara
penjual dan pembeli dengan bertanya masalah harga dan barang yang akan dibeli.
Kebanyakan orang-orang yang berbelanja online
adalah orang-orang dalam kelompok menengah ke atas. Dari sana dapat
dilihat terjadi kesenjangan sosial. Jika hal tersebut terjadi terus-menerus
pada seseorang, maka akan berpengaruh pada kesehatan jiwanya kerena kurangnya
berinteraksi sosial.
BAB III
PENUTUP
III.1 Kesimpulan
Kesimpulan yang bisa didapat dari
pembahasan di atas adalah Online Shop atau belanja online via internet, adalah
suatu proses pembelian barang atau jasa dari mereka yang menjual melalui
internet yang mengusung motto Smart and Friendly. Seperti yang telah diketahui
online shop memiliki dampak. Baik itu
dampak positif maupun negatif. Selain memiliki dampak terhadap kehidupan, online
shop juga memiliki pengaruh terhadap
pekerjaan, kesehatan fisik seseorang maupun berpengaruh dalam kehidupan
bermasyarakat.
III.2 Saran
Saran yang dapat diberikan bahwa
pembelian ataupun penjualan melalui sistem e-commercesangat membantu dalam
penghematan waktu dan biaya. Tetapi masalah utama terdapat pada keamanan serta
penipuan. Dalam pembelanjaan melalui internet sering terjadi berbagai bentuk
penipuan dalam rupa penipuan gambar ataupun barang yang tidak kunjung
dikirimkan. Sehingga perlu pewaspadaan ekstra dibanding dengan pembelian secara
langsung. Bila kita ingin pembelian secara internet lebih dianjurkan kita telah
mengetahui tempat penjual itu (bila ada) atau nomor yang dapat kita hubungi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar